Komunitas
Online merupakan komunitas yang mempunyai keunikan tersendiri, karena anggota
didalam sebuah komunitas bisa secara bersama-sama melakukan suatu aksi tanpa
harus berkumpul di suatu tempat. Namun jika rasanya tidak afdol jika tidak
berkomunikasi secara bertatapan langsung, mereka memilih untuk bertemu. Nah,
pertemuan mereka ini biasa dikenal dengan kopdar atau kopi darat.
Kopdar adalah suatu bentuk komunikasi
nyata pelaku dunia maya dimana orang yang ikut kopdar itu bisa saling
berkenalan secara pribadi atau sharing ilmu dan pengalaman.
Sifatnya yang relatif bebas
Media
& komunitas online cenderung bersifat bebas. Bebas dalam artian yang amat luas. Bebas kepemilikan,
bebas sekat-sekat sosial umum, bebas kepemilikan, bebas dari interfensi
otoritas sosial/agama/pemerintah dan sejenisnya, bebas pengguna dan bebas
hambatan jarak, ruang dan waktu.
·
Bebas
Kepemilikan
Media dan komunitas online memang dibuat oleh suatu pihak
(personal/institusi) namun, begitu informasi ada di dunia maya maka informasi
tersebut akan menjadi konsumsi publik yang berarti akan bisa direproduksi dan
direvisi sesuai kepentingan publik tersebut. Maka jangan heran jika muncul
manipulasi informasi.
·
Bebas
sekat sosial
Media dan komunitas tidak mengenal sekat-sekat sosial
layaknya media/komunitas di dunia nyata (offline). Tidak ada atasan atau
bawahan. Tidak ada pemilik informasi langgeng dan penerima informasi langgeng.
Semuanya saling bertukaran, semuanya saling memberi dan menerima informasi
hingga level tertentu. Tidak ada pembedaan antar pengguna internet dikarenakan
status sosialnya di dunia nyata, dikarenakan potensi anonimitas internet itu
sendiri.
·
Bebas
interfensi
Hingga titik tertentu, semua media atau komunitas
internet bebas interfensi pihak luar. Kecuali adanya pelanggaran hukum (umumnya
bersifat regional), maka informasi yang beredar di dunia maya adalah bebas
dibuat, dimanipulasi dan diakses untuk disebarluaskan kembali oleh siapapun
kepada siapapun.
·
Bebas
jarak, ruang & waktu
Keunggulan utama informasi yang disebarkan melalui
media/komunitas online adalah tidak adanya batasan jarak, ruang dan waktu. Artinya
informasi tersebut akan bisa menjangkau dan dijangkau oleh siapapun, di manapun,
kapanpun(24/7), selama yang bersangkutan terkoneksi dengan layanan internet. Artinya,
semua pihak, terutama korporat mempunyai kesempatan yang amat luas untuk
berkampanye tentang semua hal, terutama produk/layanannya, kepada khalayak yang
amat luas, tanpa dibatasi jarak, jam tayang, format informasi, batasan usia
publik, waktu dan sebagainya jika mau dan mampu menggunakan media dan komunitas
online.
No comments:
Post a Comment