Saturday, October 13, 2012

Internet Addiction


Kecanduan Internet mempunyai gejala serupa dengan kecanduan obat-obatan. Hal itu secara khusus telah diteliti di Negara-negara di Asia seperti China dan Korea Selatan.

Seperti yang kita ketahui, internet tak diragukan lagi menjadi sebuah bagian penting dari hidup kita. Dengan informasi yang tersedia langsung, internet membantu kita bisa tetap mengimbangi dunia yang bergerak cepat ini.  Dengan internet sebagai teman terdekat setiap saat, untuk menjadi kecanduan internet adalah bukan hal yang mustahil.

Beberapa ahli kejiwaan menyebut “kecanduan internet” itu sebagai Internet Addiction Disorder or Problematic Use (Gangguan kecanduan internet atau pengguanaan nternet yang problematic). Para ilmuwan mengatakan bahwa kecanduan internet atau Internet Use Disorder ini adalah merupakan gangguan mental, tetapi para ilmuwan masih merasa perlu melakukan studi tambahan untuk membuktikannya.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang dengan kecanduan internet mengalami perubahan pada otak mereka. Hal itu berdampak pada hubungan antara sel-sel dan daerah di otak yang mengontrol pengolahan emosi, sebagaimana dilansir Forbes.

Nah, sekarang mari kita bahas bagaimana cara mengatasinya. Menurut narasumber yang say abaca, ada 5 cara mengatasi kecanduan internet, yaitu:
1)   Cari Tahu Masalahnya
Jika anda menggunakan internet sebagai pelarian dari masalah depresi, gelisah atau masalah hubungan, bukan internet tempat pelariannya. Jika anda malah menjadikan internet sebagai pilihan maka anda salah. Karena dengan begitu anda malah akan menjadi semakin candu dengan internet. Psikoterapi mungkin bisa menjadi alternative solusinya. Disana anda bisa belajar keahlian bagaimana memanajem sters dengan baik.
2)   Kenali Pemicunya
Menjadi seorang pecandu internet tentu karena dipicu suatu hal. Cari tahu dan kenalilah pemicunya.
3) Kurangi sedikit demi sedikit kebiasaan berlama-lama di internet
Bagi yang sudah keranjingan dengan internet cobalah kurangi sedikit demi sedikit berhubungan dengan internet. Misalnya jika anda biasanya menghabiskan waktu 9 jam sehari di internet, cobalah kurangi 2 jam menjadi 7 jam perhari. Lakukan kegiatan lain yang dapat mengisi waktu kosong anda, misalnya dengan mengobrol dengan teman atau jalan-jalan.
4)   Ubah Pola kebiasaan Online
Misalnya, anda terbiasa menonton film online. Maka cobalah merubahnya dengan menonton film lewat dvd-dvd yang kini telah banyak adanya. Atau mungkin pergi menonton di bioskop dengan teman anda. Atau jika terbiasa belanjan online, maka rubahlah dengan belanja langusng ke tokonya.
5)   Atur ulang jadwal rutinitas
Jika Anda biasanya memeriksa e-mail pada pagi hari setelah bangun tidur, coba periksalah e-mail tersebut setelah sarapan. Tak adal salahnya menikmati waktu sarapan bersama keluarga karena bisa mempererat keharmonisan hubungan. Jika sepulang dari kantor biasanya Anda langsung nongkrong di internet, tunggulah sampai setelah makan malam. Sambil menunggu makan malam Anda bisa berleyeh-leyeh di sofa sambil mendengarkan musik mungkin?



No comments:

Post a Comment