Sunday, September 30, 2012

World Wide Web (WWW)


Pengertian WWW (World Wide Web)

Kata www ini barangkali sering kita temui ketika kita sedang mengakses internet. Bagaimana tidak, ketika kita ingin membuka google, misalnya, beberapa diantara kita mungkin perlu mengetikan WWW lalu diikuti dengan google.com. meskipun kita bisa mengetikan google.com secara langsung dan menghasilkan hal yang sama dengan ketika kita menggunakan WWW. Namun diantara kita sebagian masih banyak yang belum mengetahui apakah pengertian WWW itu sendiri. So, apa arti WWW itu ?

Ada beberapa versi yang mendefinisikan tentang pengertian WWW. Pendapat pertama, World Wide Web adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang biasa disebut Uniform Resource Identifieruntuk mengidentifikasi sumber-sumber daya apa saja yang berguna. Namun pendapat pertama mengenai pengertian WWW diatas itu terasa cukup berat dan sulit dipahami. Oleh karena itu, ada pendapat kedua yang menjelaskan mengenai pengertian WWW. Pendapat kedua ini menerangkan bahwa WWW adalah salah satu fasilitas di internet yang menawarkan kecanggihan dan kemudahan. Pendapat kedua ini lebih mudah untuk kita fahami dan lebih dangkal dalam hal penjelasannya.

Sejarah WWW

Dari berbagai sumber yang bertebaran di internet. Kita bisa mengetahui secara gambling bahwa  sejarah WWW berasal dari suatu program yang di temukan oleh Tim Berners-Lee pada 26 Februari 1991. Dari berbagai artikel yang saya baca awalnya Berners-Lee hanya ingin mencari cara mengumpulkan arsip-arsip risetnya. Untuk itu dia mengembangkan suatu system untuk keperluan pribadi. System itu adalah peranti lunak yang diberi nama Equire. Dengan  program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip sehingga memudahkan informasi yang di butuhkan. Inilah kemudian yang menjadi dasar sebuah revolusi yang di kenal sebagai web.
WorldWideWeb dikembangkan petama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-Lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global. kemudian pada bulan oktober 1990, World Wide Web sudah bisa di jalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW resmi di gunakan secara luas pada jaringan Internet.

Fungsi WWW

Fungsi WWW adalah menyediakan data atau informasi untuk di gunakan bersama. Jika kita pelajari lebih lanjut, sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di server web. Dokumen-dokumen tersebut dibuat dan di simpan dalam format HTML (Hyper Text Markup Lenguage). Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri dari teks yang saling berkaitan dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lainnya.



Sumber-sumber: 
http://artikel2.com/kumpulan-bermacam2-artikel/02/pengertian-www


No comments:

Post a Comment