Friday, September 28, 2012

Chatting

Chatting

Chatting adalah sebuah media untuk berkomunikasi. Hanya saja jika kita menggunakan media chatting ini pc atau handphone yang kita gunakan harus tersambung dengan internet.  Dalam chatting ini ada beberapa jenis komunikasi yang kita lakukan, bisa komunikasi berupa teks (text chat), bisa suara (voice chat) atau bahkan kita bisa elihat lawan bica kita dengan bantuan kamera (video chat). Caranya sangatlah mudah sekali. Anda dan lawan bicara harus sama-sama dalam keaadaan online. Karena jika tidak maka tidak bisa anda chatting dengan orang lain itu. Walaupun orang tersebut bisa menerima text chat (pada Yahoo!Messenger) anda melalui offline message. Salah satu contoh video chat adalah Skype. Skype merupakan salah satu layanan yang menyediakan fasilitas komunikasi melalui internet. Nah, layanan ini terkenal dengan phone call dan video call yang dapat digunakan secara gratis. Selain itu anda juga bisa melakukan panggilan ke nomer mobile (handphone) atau land line (telpon rumah).

Sebelumnya, saya akan membahas tentang Chat Room. Apakah kalian tau apakah chat room itu? Chat Room ini adalah istilah yang digunakan pada sebuah aplikasi di dalam dunia maya. Kenapa disebut Chat Room? Karena aplikasi ini digunakan untuk tempat berkumpulnya orang-orang untuk melakukan online chat/live chat. Biasanya aplikasi ini pun membagi setiap chat room, ada yang berdasarkan negara, benua, ataupun kota. Nah, ada klasifikasi yang lebih spesifik lagi dari negara dan benua, beberapa aplikasi chat room ini juga membagi atau memisahkan sesuai dengan topik yang telah ditentukan untuk memudahkan para pengguna.

Nah, tidak semua layanan chat itu terbuka untuk umum, seperti layanan yang ada pada Blackberry yaitu Blackberry Messenger. Layanan BBM ini masih eksklusif hanya bisa digunakan oleh user smartphone dan tablet Blackberry. Karen per awal Oktober tahun lalu (2011), Research In Motion selaku produsen Blackberry masih tidak bersedia untuk membuat API ke BBM service dari luar perangkat dan platform Blackberry. Alasannya adalah, karena BBm menjadi identitas bagi user Blackberry.

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan chatting, yaitu:
      Kelebihan:
§   Tidak Memakan Pulsa Banyak
§   Cepat sampai, tidak harus ke kantor pos
§   Bisa Conference, jadi chatting rame-rame
§   Efisien
§   Dilengkapi oleh emoticon-emoticon yang lucu
§   Terkenal
§   Mudah di aplikasikan
§   Dapat mengirim berkas (PDF, Word, PPT)

Kekurangan:
§   Tidak semua orang bisa online
§   Menyita waktu
§   Banyak orang-orang luar yang suka kirim-kirim ngga jelas (spam)
§   Tidak bisa langsung tau kalo ada inbox masuk selain kita sambungkan dengan internet
§   Kapasitas melampirkan file-nya maksimal hanya 10 MB

Nah, sekarang kita akan membahas Macam-macam Software Chatting dan aplikasi popular. Software chatting saat ini seolah menjadi software yang wajib ada di setiap PC, hal ini karena keperluan dan gaya hidup masyarakat yang semakin go online. Inilah beberapa software-software dan aplkasinya:
1.      Yahoo! Messenger
Yahoo! Messenger adalah salah satu program pengirim pesan instan popular yang disediakan oleh Yahoo!. YM, biasa orang-orang menyebutnya, tersedia secara gratis dan dapat di download dan di akses dengan Yahoo!ID
2.    mIRC
mIRC merupakan perangkat lunak berbayar untuk Internet Relay Chat atau percakapan daring yang beroperasi di sistem operasi Windows. mIRC diciptakan tahun 1995 oleh Khaled Mardam-Bey. Nah, pada aplikasi Chat Room inilah kita bisa memilih di Negara apa dan di topic mana kita berada, seperti yang tadi saya bahas di atas.
3.    eBuddy
Tampilannya sederhana tetapi sangat menarik, serta kaya dengan warna-warni apik. eBuddy bisa menaruh atau menjadikan foto hasil kamera ponsel menjadi avatar display.
wap.getjar.com” (quick code 17291)
4.    Nimbuzz
Kelebihan dari aplikasi ini adalah bisa dipakai untuk melakukan panggilan internasional sesame pengguna.
http://wap.getjar.com (quick code: 26137)
5.    EQO
Selain chat juga menyediakan telpon murah atau VOIP
http://wap.getjar.com (quickdownload dengan code 32315)


Sumber-sumber:
www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=aplikasi chatting&source=web&cd=7&cad=rja&ved=0CEwQFjAG&url=http://ibnmalik.net/10-software-chatting-yang-layak-anda-ketahui/&ei=uxdlUJaKDsftrAeAg4HACA&usg=AFQjCNGJfqh9XvE1dqiZjAWeCoMln9aNEw




No comments:

Post a Comment