Sunday, September 30, 2012

Sejarah Internet


Internet merupakan jaringan computer yang dibentuk oleh epartemen pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melauli proyek ARPA yang disebut ARPANET, dimana mereka mendemostrasikan bagaimana dengan hardware dan software computer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Tujuan awal dari proyek ini adalah untuk keperluan militer.

Proyek ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) merangcang bentuk jaringan, kehandalah, seberapa besar informasi dapat dipindahkan dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menadi cikal bakal pembangunan protocol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).


Nah, internet berasal dari Interconnection Networking yang berarti hubungan dari banyak jaringan computer dengan berbagai tipe dan jenis. Internet sendiri dapat diartikan sebagai jaringan computer luas dan besar yang mendunia, yaitu dapat menghubungkan computer dari suatu Negara ke Negara lain di seluruh dunia. Manfaat dari internet itu sendiri tentunya sangat banyak sekali, seperti, memberi infomasi untuk kehidupan pribadi, memberi informasi untuk kehidupan professional/pekerja, dan lain-lan.

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin canggihnya teknologi, kebanyakan teknologi media konunikasi tradisional, seperti telepon dan televise, mengubah bentuk maupun isi dengan berbagai teknologi internet. Misalnya mereka mengkombine televisi dengan internet, yang dinamakan dengan smartTv.


Sumber-sumber:


No comments:

Post a Comment